Rabu, 07 Maret 2018

Optimasi Performa Handphone Berbasis Android


Smartphone Belakang ini menjadi Booming di Indonesia, Banyak Merk dan tipe Smartphone yang beredar di pasar Indonesia, Banyak Varian nya kali ini gw bakal ngebahas Smartphone berbasis sistem operasi android.

Sistem Operasi Android adalah sistem operasi jenis open source , banyak merek smartphone mengembangkan sistem operasi ini dan diberi nama seperi MIUI , Color OS, Zen UI , Oxygen OS, Cyanogen , dan lain lain nya, Semua itu adalah hasil dari pengembangan Sistem Operasi Android.

OS android yang terakhir adalah Android 8 dengan kode nama OREO , Manis syekaleeeeeeeee , fitur yang di tawarkan sangat menarik , mulai bisa multi windows dll coba aja sendiri ah :v...

Handphone dibekali dengan Hardware yang di berikan untuk mendukung berjalan nya kehidupan di hidup kita ..... singkat cerita handphone rata rata jaman now ram yang diberikan 3GB dengan ROM 16GB maupun 32GB , wow lumayan gede kan? beda sama jaman dulu yang cuma dikasih 256MB ato 512MB.
belakangan ini masih ada juga Handphone yang masih dipakai dengan RAM 1GB ataupun 2GB menurut gw RAM segitu untuk kehidupan jaman sekarang itu kurang ....... Kenapa? karena untuk menjalankan Suatu sistem dibutuhkan memori yang lumayan makan tempat , contoh gw pake Xiaomi Redminote 3 pro SD , yang berjalan di OS MIUI , OS MIUI ini dengan embel embel bawaan sistem nya udah makan 1.5GB ram , kebayang ga? ram 3GB tapi 1,5GB udah kepake? ini yang menyebabkan kadang NOTIFIKASI dari WHATSAPP maupun LINE ato aplikasi laen nya ga nonggol.
Untuk menjalankan aplikasi tersebut , System membutuhkan Resource , kita contoh aplikasi LINE dia ada aplikasi yang running in background , dan foreground , nah ini membutuhkan RAM untuk berjalan di belakang , kalau RAM kita sempit dan penuh otomatis ada service background ga jalan itu yang menyebabkan kadang NOTIFIKASI KITA GA SAMPE !!!!!!!! Gebetan Bisa ngamuk cuk !!!!.
nah maka dari itu untuk menghindari hal diatas kita perlu optimisasi supaya tidak terjadi hal seperti itu , berdasarkan pengalaman gw pribadi nih yang gw lakuin di HP gw  :

1. Hapus Matikan Aplikasi yang tidak kita butuhkan , Kalo Bloatware yang ga bisa dimatiin ato di apus coba di disable.

2. Kita Liat Juga aplikasi apa yang membutuhkan Service running in background , contoh whatsapp , line instagram kan ada itu kita bisa keep service nya ato ga suppaya dapet notifikasi, gunakan ini secara bijak non aktifkan yang bukan prioritas utama, biar ga di kill seenaknya sama system karena butuh asupan ram untuk menjalankan proses lain nya.

3. Set battery saver , kadang ini juga jadi kendala kadang system juga matiin background proses seenak jidat biar batere awet.

4. install aplikasi yang dipake aja , kadang kita download tapi ga di pake , selaen ini kebiasaan yang bikin hp jadi banyak sampah nya yang ga berguna , ini juga makan tempat di memori .

5. biasaain bersiin cache , supaya lebih legaaaaaa ruang penyimpanan nya , tapi kalo mau irit data cache gausah di bersiiin konsekuensi nya kalo lagi nyetalk mantan harus nyedot qouta lagi karena cache yg disimpen udah ga ada.

6. masing masing ROM OS dari pabrikan tertentu berbeda , tapi diatas bisa di generalisir.

jadi silahkan aja di coba , siapa tau hp lu pada bisa berubah jadi lebih baik dan ga ada notif telat ato alesan lemot . tulisan ini hanyalah tulisan gabut semata, semua hanya opini pribadi dan pengalama pribadi gw doang , mau percaya sukur ga juga ga apa apa wkwkkwkwkkw.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar