Selasa, 13 Maret 2018

Review Honda Vario 125 LED setelah 1 tahun


Honda Vario 125 LED Skutik sekuter metik dari pabrikan sayap merah ini , adalah salah satu motor yang banyak beredar dijalan rayaaaa.. ada dua varian yang 125 dan 150 , dengan bodi yang lumayan bagong dan mata sipit LED yang bikin kesemsem bikin gw jatoh hati buat minang motor ini. secara badan gw lumayan gede dengan tinggi 174 Cm dan berat 90Kg++ kalo naek mio kayak beruang sirkus :v dan akhirnya gw pinang ini motor. 

Bingung nih ada dua pilihan 125 ato 150 , tapi kalo dari warna si kerenan 150 ada warna DOFFFF nya yang item sanggar abis , ah berhubung ini motor untuk motor operasional kerja , jadi gw putusin beli yang 125 aja toh buat di pake santai ini , dan akhirnya gw beli yang 125 warna item tanpa stop and go.



nih penampakan nya vario 125 LED punya gw , diliat spek diatas kertas Kompresi Mesin nya lumayan tinggi 1:11 gileee , artinya ini motor minum nya kudu oktan 95++ , waduhhh tapi ga masalah lah yang namanya punya motor masa ia mampu beli motor tapi ngebensinin nya ga sanggup.

lanjut impressi pertama setelah gw bawa pulang dari dealer dengan cara gw bawa sendiri langsung sentuh aspal tanpa dianter, first impression ini motor enak nyaman suspensi keras, dan berasa tinggi, tarikan awal lumayan nampol , getaran ga berasa dan handling terasa enak buat selap selip.

perjalanan dari dealer kurang lebih 20km ini cukup memberikan gw rasa bahagia , punya motor baru masih di plastikin dapet helm gratisan :v wkwkwk , tapi sayang nunggu pelat nomer tiga minggu baru jadi , hmmmmmmmm jadinya setelah 3 minggu baru bisa diajak kemana mana jauh jauhan.


semasa menggunakan motor ini gw selalu menggunakan Pertamax Turbo kalo ga Shell V power , dan selalu ganti oli setiap bulan sekali gw sampe sekarang masih pake OLI bawaan Honda SPX OIL, banyak baca dari forum sebelah bahwa tarikan brebet dan lain lain , untung nya gw ga ngerasa kayak gitu , alhamdulilaaaah unit yang gw dapet ga ada masalah di mesin .

untuk konsumsi bahan bakar , gw si ga bisa itung ya yang jelas pernah dibawa kepuncak dari jakarta timur ampe puncak pas pulang pergi isi FULL TANK PERTAMAX TURBO 5liter, lewat rute bukit pelangi pulang pergi masih sisa 2 Bar dengan bawa santai tanpa ngebut , TOP SPEED Motor ini pernah gw coba test di jalan raya bogor , dengan kondisi bawa sendiri tanpa gas betot pol angka 100Km/h di speedo meter pun bisa , tapi di GPS cuma kebaca 93Km/h dan itu gas belom pol.

Untuk Konsumsi harian kerja yang ketemu macet dan ini itu Fulltank dengan jarak rumah ke kantor kurang lebih 42 KM sehari , abis dalam waktu 3 - 4 hari tergantung macet dan betot gas nya , menurut gw worth it sih , tenaga bawahnya lumayan berasa. jadi asumsi aja 1:30 per liter deh ya.

untuk perawatan , nah motor ini kebanyakan jajan nih , dari kampas rem boros , sampe bearing dan komstir masalah yang sering gw hadapin , stir selalu ngebuang dan CBS nya bikin boros kampas rem depan maupun belakang , tapi gw ganti setelah 6 bulan pemakaian itu berasa abis nya danya jajan kurang lebih 6 bulan pertama ngeluarin kurang lebih 400rb , untuk service , ganti oli, kampas ,rem depan belakang .

masalah CVT yang di ributin orang orang nge gredek ato endut endutan yang katanya parah dan ga berasa, di gw biasa aja kalo kotor si ia endut endutan dikit tapi ga berasa , mungkin temen temen yang lain coba deh pake bensin yang sesuai biar ga ngegelitik jadi bisa meminimalisir endut endutan nya.

setaun dipake vario gw udah menempuh 16.000 kilometer , dipake kerja dan dipake buat ngojek onlen juga , service kmaren pas 1 tahun ga banyak cuma ganti oli dan paket service standa, cuma ganti filter, + kampas rem depan belakang .  komstir juga minta di ganti tapi kantong cekak yaudah bulan depan aja ganti nya, total total jajan abis 500rb , hmmmmmm worth it sih dipake kemana mana dia minta jajan segitu setiap 6 bulan.

dan ga lupa juga ban , ban belakang dipake 16.000km mungkin udah lelah dan botak akhirnya gw ganti ban dengan ukuran yang agak lebaran dikit belakang 100/80 sedangankan depan 90/80

terlihat lebih gambot dan terasa lebih berat tarikan nya , hmmm tapi lebih enak buat belok miring miring , ya kali ga miring :v , dengan harga 490rb ban merk zeneos depan belakang pun dipasang dan ya motor lebih membaik rasanya walaupun tarikan nya jadi agak berat + jadi nambah tinggi.

kesimpulan nya , motor ini dipake untuk harian baik kerja maupun ngojek no kompleeen deh , ga rewel mesin nya , cuma gw ngerasa komstir nya ringkih bener dikit dikit setteeel ulang , dengan konsumsi bahan bakar yang lumayan irit menurut gw dan tarikan bawah yang lumayan berasa bikin enak buat nyelip nyelip di tambah ban gambot bisa miring nya lebih pede,  tapi buat yang ngerasa gamau beli bensin terlalu mahal , ya silahkan ambil yang 150 karena kompresi nya ga sampe 1:11 dia cuma 1:10.5 jadi pertamax ga bakal nge gelitik , untuk biaya service bulanan motor ini jajan di bengkel ya 150rb per bulan , dan 200/ 2 bulan sekali untuk oli gardan , dan jajan taunan kayak ganti filter dan kampas rem ya 400-600 rb sesuai dengan pemakaian dan perawatan deh ya, ini vario masih standar ting ting belom ada yang di ganti kecuali ukuran ban , dan bulan depan dia udah di todong ganti komstir dan drivebelt + roller . 



overall tidak ada penyesalan beli motor ini cuma ada beberapa kekurangan aja di beberapa titik nya , dan ga boleh jorok make nya usahain manjain motor sekali kali , Jangan lupa Sering cuci Vario nya yak biar bersih jangna kayak gw males nyuci jadi cepet buluk :v , tulisan diatas adalah opini pribadi gw dan pengalaman yang gw rasain jadi moon maap kalo ada salah salah kata ato pun ga jelas maksudnya , namanya juga bikin tulisan pas lagi gabut , sekian dulu terima kasih udah baca :D...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar