Sabtu, 02 Februari 2019

Merakit PC untuk Android Studio Anti Lemot

Merakit PC untuk Android Studio Anti Lemot  , untuk membuat suatu aplikasi android biasa kita menggunakan android studio ,  kita tahu sendiri bahwa android studio sangat berat untuk di gunakan , contoh untuk membuka nya saja membutuhkan waktu yang sangat lama bisa 5 bahkan 10 menit menggunakan pc standard dengan ram 4 GB dengan prosesor apapun .

kita tahu bahwa Android Studio ini membutuhkan resource yang berat , dengan RAM 4 GB pun kita tidak bisa browsing dengan nyaman karena RAM terpakai cukup banyak , disarankan untuk menggunakan 8GB RAM supaya agak lebih leluasa .

apakah dengan RAM 8 GB akan mempercepat ? , tidak juga saya pernah mencoba dengan RAM 8 GB tetap saja lambat , mungkin hardware yang lain kurang mendukung , maka dari itu saya mencoba merakit PC dengan Spek berikut ini :

Mainboard : MSI H310M Gaming PLUS
Prosesor     : Intel i5-8600
Ram           : Corsair 16 GB @266MHZ dual Channel
Storage      : NVme.M2 Samsung 970 EVO
PSU           : Seasonic Eco 430 Watt
OS             : Ubuntu 18.04






dengan spek diatas , system ini pun melahap Android Studio Dengan SMOOTH tanpa kendala , Load Awal yang biasanya memakan waktu 5-10 menit di PC biasa pun dengan system seperti ini hanya sekitar 30 detik .

coba bayangkan jika system kita mengakomodasi kebutuhan kita secara cepat , otomatis bete ngoding pun menghilang hehehheheheh.

untuk temen temen yang mempunyai system lama dan ingin lebih cepat , bisa mungkin mencicil upgrade komponen nya , saya sarankan jika memang mainboard support NVME , gunakan SSD seperti yang saya gunakan , dijamin akan lebih cepat untuk load nya. dan jangan lupa gunakan RAM dengan bandwith yang tinggi supaya lebih cepat ditambah dengan dual channel supaya lebih GG lagi system nya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar