Sabtu, 27 April 2019

Cara menyelamatkan data penting di komputer


Cara menyelamatkan data penting di komputer , kita pasti memiliki data penting di komputer kita bisa itu file kerja , tugas sekolah , tugas kuliah , skripsi , atau data softcopy dari dokumen penting kita yang memang harus dijaga supaya tidak hilang , coba kalau hilang tidak ada jejak dan kita tidak punya dokumen fisiknya wah pasti sangat pusing menghadapinya.

Tapi tenang saja , zaman semakin maju revolusi industri 4.0 salah satu elemen nya adalah cloud computing sangat membantu untuk menjaga data penting di komputer kita , yang perlu kita lakukan adalah membackup data penting kita di cloud storage atau bahasa gampang nya penyimpanan online .

Berbeda dari zaman dahulu saat internet susah di akses kita harus membackup file kita di disket , flashdisk , di burning ke CD , DVD , dan penyimpanan external lain nya , ini pun rentan hilang karena ya bisa saja benda itu hilang ataupun rusak.

Dalam beberapa tahun ini kita dimudahkan dengan kemunculan berbagai macam tawaran cloud storage, dari yang gratis hingga yang berbayar , kali ini saya akan membahas dua alternatif penyimpanan cloud storage yang gratis , karena untuk data penting ukuran dokumen nya pun tidak terlalu besar saya rasa dengan tawaran cloud storage yang gratis biasa hanya di beri 2GB sampai dengan 15GB pun cukup.

Berikut ini adalah produk cloud storage yang sangat populer

1. Google Drive 
Google Drive adalah salah satu produk dari raksasa google yang menyediakan Jasa Cloud Storage secara gratis saya mendapatkan service Free 15GB untuk menyimpan file file penting di Google Drive ini .
Buat saya 15 GB lebih dari cukup karena saya hanya menyimpan file file dokumen dan gambar saja , skripsi , tugas akhir , tugas kuliah pun masih tersimpan rapih di dalam google drive tersebut , jika kurang kita bisa upgrade juga loh , oh ia jika kita menggunakan google drive pada smartphone android kita , kita juga bisa menggunakan folder auto backup , seperti nomor kontak di handphone , jika kita menggunakan auto backup ini , setiap kita berganti handphone kontak pun tidak akan hilang asalkan akun email yang kita gunakan sama seperti handphone yang sebelumnya , dan foto pun akan automatis backup secara default nya jika kita menggunakan google photos, backup whatsapp pun di simpan di google drive.

dan cara penggunaan nya pun sangat mudah , pertama tama kita harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan email google , lalu selanjutnya kita tinggal mengupload saja file nya , atau bahkan folder nya , ini sangat mudah kita bisa melakukan nya melalui smartphone maupun desktop pc.

2.Dropbox
Mungkin masih banyak yang pernah denger dropbox tapi belum pernah pake, ya dropbox juga memberikan Free Cloud Storage service secara gratis tis tis tis.



Dropbox hanya memberikan Free Service 2GB ya lumayan lah kita bisa membackup data kita disini , kalau saya backup di 2 tempat jika sangat penting saya backup menggunakan Google Drive dan Dropbox juga .

Cara mendaftar nya pun cukup mudah kita hanya perlu buka www.dropbox.com lalu daftar , kita juga bisa daftar langsung menggunakan email google secara otomatis dan ga ribet , cara penggunaan nya pun sama kita hanya tinggal mengupload file kita ataupun folder ke dropbox bisa kita pilih , dan bisa juga kita drag and drop pada browser kita , untuk dropbox ya secara singkat saja ya.

Jadi dengan kemajuan teknologi saat ini kita diberikan kemudahan dalam urusan menyimpan file file penting , dan kita juga tidak repot lagi jika ingin print di luar , jika kita sudah menyimpan file file itu di cloud , kita hanya tinggal datang dan mendownload saja file tersebut sangat mudah kan? jadi flashdisk tidak usah di bawa bawa lagi hehehehhe.

Memanfaatkan Cloud Storage pun dapat mencegah Komputer kita tertular virus yang disebabkan oleh infeksi karena sembarangan colok flashdisk , jadi mulai sekarang jika anda belum memanfaatkan teknologi cloud storage ini , silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya , efisiensi dalam produktifitas pun akan bertamanbah , dan rasa khawatir anda akan kehilangan file file penting pun bisa di minimalisir , jadi kalau komputer anda rusak , atau bahkan terkena ransomware sekalipun , anda masih aman karena data anda semua sudah terbackup di cloud storage.

Jadi jika anda belum membackup data anda , Backup lah dari sekarang juga manfaatkanlah free service yang tersedia sebelum terlambat ,  semoga bermanfaat CMIIW jika ada kesalahan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar