Minggu, 21 April 2019

Cara Program HT Motorola GP88 Menggunakan DOSBOX


Cara Program HT Motorola GP88 Menggunakan DOSBOX , Kita tahu bahwa Motorola GP88 adalah HT legendaris , HT jadul yang kuat dan tidak tergerus zaman ini sampai sekarang masih banyak yang menggunakan nya.

HT ini adalah HT channel yang tidak ada layarnya jadi kita harus memprogram channel nya dengan menggunakan komputer , tapi karena saking jadulnya HT ini bisa di program menggunakan DOS , lalu dengan komputer sekarang apakah bisa ? jawaban nya adalah bisa dengan menggunakan emulator DOS BOX begini caranya.

Pertama tama kita harus download dulu software dosbox nya lalu kita install , setelah itu kita setting dulu port nya agar terbaca dengan serial port kita .


Setelah di install klik shortcut dosbox tersebut lalu open file location nanti ada dosbox option , buka lalu scroll kebawah hingga bertemu tulisan seperti diatas, dapat kita lihat serial1=dummy nah itu kita rubah supaya dapat membaca port serial kita , jangan lupa siapkan RIB untuk motorola GP 88 nya di com port 1 ya.


Lalu ganti seperti ini jadikan directserial realport:COM1 ini untuk membuat emulator dosbox kita bisa membaca serial port kita.
lalu setelah setting port kita buka aplikasinya DOS BOX , siapkan software GP 88 nya.


Jika sudah terbuka seperti ini , kita tinggal memanggil Software GP 88 nya begini caranya.


Ketikan mount d (mount d karena saya menyimpan file program gp 88 di drive d) D:\GP88 (ini adalah lokasinya ada di D:\GP88 , Nah setelah itu baru kita Ketik D: setelah ini langsung kita berada di D, lalu ketikan GP88.


Nah nanti akan keluar seperti ini , PC kita sudah bisa untuk Program HT GP88 , jangan lupa kita set dulu port berapa di software GP 88 nya di option , dos box ini juga bisa digunakan untuk mensetting RIG GM300 dan HT lain nya yang menggunakan DOS pada PC modern sekarang ini , Jadi kesimpulan nya mau semodern apapun PC nya selalu ada cara untuk mensetting Radio Komunikasi legendaris ini. Jika kurang jelas silahkan tinggalkan komentar kita berdiskusi sama sama , semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. Bos,rangkaian untuk kabel datanya pake USB

    BalasHapus