Minggu, 05 Mei 2019

Mengatasi Masalah Vario 125 150 LED Bunyi Jedak Jeduk

mengatasi Vario Bunyi Jedak Jeduk saat jalanan tidak rata
Stopperlink Vario 125
Vario 125/150 LED merupakan salah satu motor yang banyak di minati masyarakat Indonesia , Motor dengan bodi bongsor dan muka yang ganteng ini banyak kita temui di jalanan Indonesia , dan seperti yang kita tahu setiap produk itu pasti ada plus minus nya , seperti Vario 125 Milik saya yang baru berumur 2 tahun lebih dan telah menempuh jarak 32.345 Kilometer.

Pasti ada diantara kita merasakan ada suara aneh kalau di polisi tidur bisa cetak cetok ,jedak jeduk ,bletak bletok , dan bunyi lain nya tergantung kita mau nyebutnya gimana hehehehhehehe.

Vario saya mulai mengalami bunyi bunyi aneh ini dan merasakan goncangan yang amat menggangu saat idle mesin , dan kalau di buat nikung kayak ada yang kurang bebas geraknya , setelah di pikir pikir diantara sambungan chasis dan mesin ada Buhsing mounting mesin dan karet pengganjal, nah saya coba untuk mengganti nya.


Nah untuk yang bunyi aneh aneh saya bongkar link nya dan karet ini udah ancur , lalu saya ganti dan harganya murah cuma 15 ribuan karetnya, Nama karetnya saya search di tokopedia namanya Karet Link Vario 150 LED, Lalu karena tanggung dan ada keluhan keanehan lain nya kayak mesin geternya aneh ga kayak biasanya + kayak ada yang ganjel dan geol geol di bagian belakang sekalian saya ganti juga bushing hanger mesin nya.


Bushing ini di motor saya sudah bisa goyang tidak mantep lagi karena pemakaian saya cukup extreme sering hajar lobang dan trabas polisi tidur ya ini jadi ga presisi lagi maka saya ganti juga dan harganya pun murah cuma 28 ribu sepasang.


Penggantian nya pun tidak harus turun mesin , hanya diakali saja supaya bisa copot mounting dan link yang terhubung.


Inilah penampakan vario saya , seperti abis maen disawah kan? sangat dekil wkwkwkkw , ya proses pemasangan bushing motor diangkat di lepas shock nya dan di pasang kedalam tempat yang seharusnya.

Dan hasilnya setelah mengganti dua hal diatas adalah , Jedak jeduk cletak cletok gletak gletok bletak bletok , Bunyi ITU HILANG dan motor pun terasa mantap stabil seperti Motor baru , jadi jika teman teman mengalami hal yang sama boleh dicoba dengan mengganti karet karet diatas seperti saya , saya sudah mencobanya dan benar masalah itu hilang dan vario bagong pun jadi enak kembali , terima kasih semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Wah, kebetulan tunggangan ane juga sama jenisnya. Nice info.

    BalasHapus
  2. Mantap gan infonya terimakasih banyak atas informasinya sangat membantu

    BalasHapus