Minggu, 12 Mei 2019

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Service CVT untuk motor matic



Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor , Mudik adalah tradisi Indonesia yang terjadi hampir setiap tahun , banyaknya perantau dari daerah yang pulang ke daerahnya masing masing membuat mudik sangat meriah dari tahun ke tahun , banyak cara yang dilakukan untuk mudik ada yang menggunakan transportasi umum , dan ada juga yang membawa kendaraan pribadi.

Kali ini saya selaku pelaku mudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau sepeda motor akan membagikan tips tips yang biasa saya lakukan sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan sepeda motor.

Tips nya sebagai berikut :

1. Pastikan surat surat kendaraan , STNK dan Pajak kendaraan kita sudah sesuai dengan tanggal masa berlakunya jika mau habis sebelum masa mudik ada baiknya kita urus dahulu surat surat kendaraan kita.

2. Sepeda motor yang kita gunakan haruslah prima kita harus mempersiapkan kondisi nya , kita perlu mengecek bearing roda , as roda , cone stir dan shock breaker depan maupun belakang , apakah ada kebocoran atau keausan , jika sudah aus dan tidak layak kita harus mengganti sparepart tersebut.


 3. Periksalah kondisi sistem pembakaran , untuk motor injeksi periksalah tekanan fuel pump , dan cek injektor apakah masih menyemburkan bahan bakar dengan bagus , serta cek busi apakah masih layak di gunakan , dan jangan lupa filter udaranya juga diganti , ini untuk mencegah motor kita brebet dan mogok di jalan.

Throttle Body Vario 125 LED motor injeksi 
dan jika yang masih menggunakan karburator , perhatikan karburator dan saluran nya , jarum skep dan lain lain nya , ada baiknya kita melakukan kuras tangki supaya kotoran dalam tangki tidak masuk ke selang bensin.

4. Periksalah komponen pendistribusian tenaga dari mesin ke roda , karena motor saya matic yang saya lakukan adalah dengan mengganti Kopling Ganda , Rumah kopling , Roller Set , serta drive belt, supaya performa maksimal saat melibas tanjakan dan tidak ada gredek gredek maupun hal hal yang tidak diingkan lain nya , jangan sampai drive belt kita putus dijalan .

ganti roller supaya tenaga tidak loyo dan tarikan mantap
Rollerset harus di perhatikan supaya tenaga tidak loyo
Dan Jika anda menggunakan Motor Rantai bergigi , cek lah kopling nya apakah masih tebal atau sudah aus , kalau masih tebal kita masih bisa mensetel lagi kopling nya supaya enak di gunakan, dan jangan lupa cek gearset dan rantai nya yah , kalau sudah tidak layak langsung ganti aja.

5. Pastikan perangkat pengereman kita juga masih layak , periksalah Kampas Rem , Kaliper Rem , Hidrolik Rem ,  Cairan Minyak Rem , Piringan Pengereman dan lain sebagainya untuk komponen pengereman jika sudah aus dan tipis harus di ganti.

6. Pastikan Baterai Motor kita dalam keadaan sehat , ya kebanyakan sekarang motor sudah menggunakan sistem injeksi elektronik , jadi baterai sangat penting , karena kalau baterai soak dan mati motor injeksi tidak bisa bekerja dengan baik dan bahkan mogok.

7 . Pastikan anda mempersiapkan kunci dan obeng dasar untuk busi .

8. Pastikan anda mengecek fuse , dan fuse box (sikring dan box sikring) pastikan ada stock sikring di fuse box , supaya kalau sikiring kita putus kita bisa langsung menggantinya tanpa harus mencari nya di tengah perjalanan.

9. Perhatikan OLI , umur oli dan Running Hour + kilometer tempuh oli perlu kita perhatikan, ada baiknya kita mengganti oli sebelum berangkat H-3 sebelum berangkat kita ganti terlebih dahulu , agar mesin terjaga dari panas yang berlebih dan menjaga performa mesin supaya maksimal.

10. Perhatikan bagian RODA , Velg dan ban , apakah Velg sudah rusak , tidak membulat dan ada jari jari yang patah , serta alur ban yang sudah gundul segera ganti.

11. Perhatikan Lampu Lampu motor anda dari mulai lampu utama senja dan lain lain , pastikan semua berfungsi dengan baik , ada baiknya anda mengecek lampu sen dan lampu rem belakang secara berkala karena kadang kita tidak sadar bahwa switch nya rusak jadi lampu rem kita  menyala terus dan bahkan mati .

Nah hal tersebut adalah yang harus lakukan sebelum mudik supaya kendaraan dalam keadaan prima dan siap melibas jalanan menuju kampung halaman , dan perhatikan hal ini saat melakukan perjalanan .

1. Jangan Lupa Berdoa Sebelum Berangkat.
2. Gunakanlah selalu perlengkapan berkendara seperti helm sarung tangan jaket dan sepatu.
3. Bawalah Bensin cadangan di dalam tas atau bagasi hati hati menyimpan nya karena mudah terbakar.
4. Bawalah Tyre Repair kit , ini untuk mencegah jika ban kita bocor.
5. Jangan membawa penumpang lebih dari 1.
6. Jangan bawa barang yang berlebihan ,
7. bawalah Jas Hujan.
8. berikanlah waktu istirahat untuk anda dan motor anda.
9. jangan berkendara sendirian , bersama sama teman atau saudara akan lebih asik.
10 . Siapkan Uang Kas secukupnya , dan Alat Komunikasi seperti handphone dan lain lain nya.
11. Patuhilah selalu peraturan lalu lintas , safety nomor satu.

Ya seperti inilah yang biasa saya lakukan jika ingin berkendara jauh , kondisi kendaraan yang prima dan persiapan yang siap membantu melancarkan perjalanan kita , cukup sekian dulu tulisan ini semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar, terima kasih telah mampir !!! .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar