Minggu, 02 Juni 2019

Menyelamatkan data dari Hardisk yang mulai rusak

menyelamatkan data dari hardisk yang mulai lambat dan rusak

Menyelamatkan data dari Hardisk yang mulai rusak , pasti kita pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan pada komputer kita , salah satunya adalah hardisk yang sudah lemah yang kadang terbaca kadang tidak , booting terasa lama dan ada bunyi bunyi aneh pada komputer kita.

Ya memang hardisk adalah salah satu media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer kita, dan kita perlu ingat bahwa namanya perangkat elektronik itu ada masa pakainya , contoh dari kedua hardisk yang saya pakai ini keduanya dari tahun 2011 dan 2012 , bayangkan sudah lebih dari 5 tahun hardisk ini bertugas menyimpan data .

Masa bakti hardisk saya ini sudah mau habis sudah terdengar bunyi seperti ngiuuuung tek tek tek , kadang terbaca dan kadang tidak dan membuat booting ke os lambat , dan bios jadi lambat untuk checking , sedangkan masih ada data data penting yang belum saya backup .

Lalu apakah yang kita harus lakukan jika mengalami hal seperti ini ? ,Pertolongan pertama yang sudah saya sudah coba, metode ini berkali kali dan banyak percobaan yang berhasil, yang petama saya lakukan adalah mencopot hardisk tersebut dari kabel interface ke mainboard dan power lalu membersihkan pin konektor nya.

cara menyelamatkan data hardisk rusak

Bisa kita lihat pin nya sudah mulai menghitam yang saya lakukan adalah dengan membersihkan nya menggunakan penghapus karet, sama seperti kita membersihkan pin konektor ram , setelah di bersihkan coba pasang kembali hardisk pada komputer kita, lalu cek bios apakah sudah terbaca atau belum , jika sudah terbaca coba booting jika OS ada di hardisk ini, Jika media booting OS berada di Hardisk lain nya coba masuk OS, dan coba apakah hardisk ini terbaca oleh OS dan bisa kita buka di file explorer , jika masih bisa di buka tanda nya masih ada harapan ,namun jika tidak ya bawalah ke ahli recovery data hardisk jika memang sangat butuh data data itu .

Lalu jika masih terbaca namun terasa lambat dan bunyi bunyian itu masih ada pertolongan selanjutnya yang bisa kita lakukan.

pertolongan pertama hardisk rusak , cara menyelamatkan data pada hardisk rusak

Pertolongan berikutnya adalah seperti gambar diatas hardisk saya letakan luar casing komputer lalu saya balik. dan saya hidupkan komputer hasilnya pun hardisk terbaca dan bunyi bunyian pun hilang , dan kita harus cepat cepat membackup data yang penting itu karena kita tidak tahu apakah hardisk ini masih akan terus hidup atau akan mati tiba tiba , segera ambil media backup external atau copy data hardisk lama ke hardisk baru .

Cara ini memang sedikit aneh menurut saya , tapi kita orang Indonesia memang kadang aneh dan suka kepo ada saja akal akalan nya,dan hasilnya semua data penting pun berhasil saya selamatkan dan sudah saya backup ke hardisk baru , memang alangkah baiknya jika data penting itu kita backup di banyak tempat, Jika anda memiliki hardisk yang sudah tua dan kondisi seperti yang saya ceritakan dan mungkin masih ada data data anda yang masih ingin anda selamatkan, anda boleh mencoba apa yang saya lakukan . Do IT WITH YOUR OWN RISK , Selamat mencoba terima kasih.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus