Minggu, 16 Juni 2019

Solusi Icon Headphone atau Earphone error di android

Solusi Icon Headphone atau Earphone error di android , HP kena air jack error koslet cara memperbaikinya

Solusi Icon Headphone atau earphone error di android , Kondisi ini membuat handphone kita menjadi tidak keluar suara pada speaker internal , apakah anda pernah mengalaminya? ya memang ini adalah salah satu error atau kerusakan yang terjadi pada handphone kita , bisa menjadi bug system software dari handphone tersebut atau bahkan kerusakan hardware pada handphone kita.

Bikin kesel emang kalau handphone kesayangan kita error seperti ini , suara notifikasi tidak terdengar , dan mau nonton video atau sekedar mendengarkan musik tidak terdengar di speakernya , banyak faktor antara software dan hardware yang mempengaruhi error icon headphone atau earphone ini terjadi , dan mayoritas error ini terjadi karena human error yang melibatkan rusaknya hardware audio.

Biasanya kalau error yang disebabkan oleh software handphone tersebut , akan ada update firmware untuk solusi perbaikan error tersebut jadi kita tinggal update saja softwarenya

Dan hardware untuk audio ini biasanya adalah IC audio atau bahkan hanya konektor Headphone atau earphone nya saja  jack 3,5 mm yang biasa kita kenal , berikut ini adalah penyebab munculnya icon error pada headphone atau earphone di handphone kita.

Berikut ini penyebab dan solusi sederhana secara singkat solusi untuk memperbaikinya dan hal hal yang harus di hindari :

1. Bisa jadi jack 3,5mm kita nyangkut jadi system pada handphone kita membaca Headphone atau earphone kita tercolok , kalau ini solusinya bisa kita coba colok dengan benda plastik ke lubang jack 3,5mm atau dengan benda yang tidak menghantarkan arus listrik , pelan pelan saja , cara ini kadang berhasil kadang juga tidak , tergantung kondisi nya kalau sudah dicoba tidak bisa atau ada yang patah kita harus mengganti jack 3,5mm.

2. Mencolok terlalu dalam juga bisa membuat konektor jack 3,5mm nya rusak loh , jadi solusinya jangan mencolok terlalu dalam dan pelan pelan saja supaya tidak error.

3. Mencolok speaker aktif kadang juga dapat membuat rusak driver atau ic audio handphone kira rusak mengingat speaker aktif itu bertegangan listrik lebih tinggi dan kadang ada listrik statis liar , maka bisa saja menyebabkan ic audio ini rusak dan membuat muncul icon earphone , solusi untuk mengatasi hal ini , kita harus mengganti driver atau ic audio nya.

4. Terkena air , ya air adalah salah satu penyebab rusaknya perangkat elektronik , kalau handphone kita belum memiliki sertifikasi tahan air jangan sekali kali mencoba memasukan handphone kedalam air , karena lubang jack earphone 3,5 mm ini sangat mudah untuk dimasuki air , banyak kejadian masuk air ke jack headphone/earphone ini mulai dari terkena air hujan , atau terkena tumpahan air membuat koslet pada perangkat android dan muncul lah icon earphone tersebut solusinya adalah , hindari lubang lubang yang ada pada handphone kita masuk air , dan pastikan earphone jack kita kering untuk mencegah hal tersebut . 

5. Jika terkena air segera matikan perangkat , dan coba keringkan terutama lubang konektor 3,5mm bersihkan secara perlahan menggunakan tissue saja supaya jack tidak rusak , dan jangan nyalakan dulu sebelum benar benar kering.

Jika memang sudah tidak bisa di akalin , dan masih muncul earphone atau headphone icon pada handphone kita , coba kita colok dengan earphone , jika masih ada suara berarti hanya jack audio saja yang rusak (konslet) , kita harus segera mengganti jack audionya ,bawalah ke tukang reparasi handphone kepercayaan anda untuk menggantinya, dan jika kita colok earphone atau headphone kemungkinan driver atau ic audionya rusak ya kita harus menggantinya juga.

Dan apabila di colok masih ada suaranya tapi kita mau menggunakan speakerphone,untuk Solusi Icon Headphone atau Earphone error di android , kita dapat menggunakan aplikasi yang ada di playstore 



Download aplikasi ini dan cara menggunakan nya pun sangat mudah.

aplikasi untuk mengatasi error Solusi Icon Headphone atau Earphone error di android

Kita hanya tinggal swipe keatas saja ke speaker mode , cara ini ampuh dan sudah pernah saya coba berhasil , tapi hanya sementara saja tidak permanen , untuk mengatasi error tersebut ada baiknya jika kita membawa handphone kita ke service center resmi atau ke tukang reparasi untuk di cek dan melakukan pergantian sparepart audio yang rusak, terima kasih semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus