Senin, 01 Juni 2020

Membuat Console Retro Gaming Budget Minimalis


Membuat Console Retro Gaming dengan system android

Membuat Console Retro Gaming Budget Minimalis

Console Retro Gaming , adalah perangkat untuk bermain game game jadul ( retro ) dengan memanfaatkan emulasi dari console console lawas yang mungkin sudah susah mencari barang barunya di pasaran ini , tentu saja kita sebagai gamers apalagi gamers generasi yang 90an ataupun 80an pasti akan rindu dengan game game yang dulu pernah kita mainkan di console gaming pada zaman nya, banyak kenangan dari game yang kadang membuat kangen para pemain nya, contohnya pada tahun 90an anak anak generasi 90an pasti kenal dengan yang namanya NES , atau kita sering sebut tendo , atau nitendo ada juga sega , PS 1 ,ataupun mesin dingdong, yang kita mainkan dengan pesawat televisi dengan menggunakan interface RCA , dan untuk dingdong itu sudah build in dengan monitornya dan hanya 1 game , sedangkan Nintendo dan sega menggunakan catridge game yang sering kita tiup tiup , dan ps1 yang sudah modern menggunakan CD Drive , menggunakan kepingan CD untuk bermain game nya.

Retro Console Gaming Android menggunakan smartphone android



Lalu pada masa sekarang tahun 2020 ini , untuk mengobati rasa kangen kita kepada game game lawas tersebut bagaimana cara kita bermain game game retro tersebut ? apakah masih ada console console tersebut di pasar ? jawaban nya ada banget , banyak sekali produsen console tersebut membuat ulang  atau Remake console mereka , ya tentu harganya lumayan , lanjut bagaimana cara kita mengobati rasa rindu kita kepada game game retro tapi memiliki budget minimalis ? mari kita bahas.

pertama tama

Di Era 2020 ini sudah banyak teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk bermain game retro tersebut , berkat adanya emulator console ( emulasi dari console game ) yang mendukung multiplatform dapat berjalan di berbagai macam sistem operasi yang populer pada saat ini , kita bisa menjalankan emulator console tersebut ,Windows , Linux, Mac Os, Android bisa menjalankan emulator Retro Gaming Console dengan baik.

Ada Beberapa Contoh Emulator seperti EPSXE , Emulator ini untuk bermain game Playstation 1 ( PS 1) , ada SNES9x untuk bermain super nintendo  dan VGba Untuk bermain gameboy advance, dan masih banyak lagi yang masih tersedia emulator lainya secara gratis di internet.

Emulator PS1 berjalan dengan mulus dengan ARM64


Yang dibutuhkan

Untuk membuat Retro Console Gaming ini kita membutuhkan perangkat Komputer atau smartphone , kita bisa membeli computer bekas yang harganya terjangkau , atau menggunakan Komputer yang sedang kita gunakan sehari hari , kita tinggal menginstall saja emulatornya pada system operasi yang kita gunakan.

Dan untuk yang lebih Enak lagi kita bisa install Retropie pada Raspberry PIE , ya tapi raspberry pie harganya lumayan , kalau pake komputer bekas beli di toko toko komputer secondnan kita bisa saja install OS yang memang di peruntukan untuk Emulasi , Contoh OS nya , ada EMUELEC, Bacotera Linux , dan lain lain nya.

Dengan Arsitektur Komputer x86 ataupun Arm , Emulator sudah bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala , tinggal kita melihat saja kemampuan prosesor dari mesin yang akan kita buat. kalau untuk ARM sekarang sudah cukup untuk menjalankan emulator tersebut.

Kali ini kita akan membuat dengan budget seminimalis mungkin memanfaatkan yang ada atau membeli perangkat yang sangat terjangkau.

Cara Pembuatan Console Retro Gaming Budget Minimalis

Untuk pembuatan nya kali ini saya akan menggunakan perangkat dengan arsitektur ARM ya lebih gampang nya prosesor yang ada di perangkat mobile (smartphone) disini saya pakai snapdragon 650 Xiaomi Redminote 3 pro AKA KENZO, dan Smart TV BOX dengan prosesor Amlogic S905 Dari ZTE ZXV10 B860H smart tv box yang digunakan Indihome.

Disini saya menggunakan perangkat yang berjalan dengan sistem operasi android , dimana sistem operasi tersebut sudah familiar dengan kita sebagai pengguna smartphone , dan menurut saya sistem operasi ini adalah yang paling murah untuk membuat console retro gaming dengan budget minimalis.

merubah smart tv box menjadi retro console gaming


untuk perangkat STB ini bisa kita dapatkan dengan harga kurang lebih 150-250rb di marketplace online , sebenarnya kita bisa menggukan STB dengan SOC S905 lain contoh device nya STB X96Mini , STB tersebut bisa langsung bypass booting Sistem operasi menggunakan Bacotera linux atau EmuElec , tapi prosesnya agak jelimet, nah kita disini akan bahas segampang mungkin dan membuat emulator yang berjalan di sistem operasi Android saja yang penting bisa main game game Retro.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika kita menggunakan sistem operasi android adalah mendownload aplikasi di playstore yang bernama RetroArch kita bisa mendownload RetroArch 

DOWNLOAD RETROARCH DISINI


Setelah download dan install RetroArch jangan lupa untuk mendownload Core Emulator nya , disini kita bisa memilih dan mendownload Emulator apa dan Console apa saja yang ingin kita mainkan.



Oh ia kalau mau pake STB pastikan STB nya sudah root dan lebih bagus lagi kalau sudah custom rom , atau custom firmware STB nya yang ZTE 860H ini.

Kalau di Smartphone android tanpa root pun kita bisa menginstall RetroArch dan menjalankan emulator dengan lancar.
RetroArch ini menurut saya merupakan All In Solution untuk dengan mudah membuat Console Retro Gaming karena di dalam aplikasi ini kita bisa memainkan hampir dari seluruh Emulator Retro Console tersedia di dalam nya, dan untuk ROM game dari masing masing emulator kita bisa cari di internet , googling saja misal mau main Super Nintendo Ketik sana SNES ROM .

 
Gambar diatas merupakan salah satu contoh Smarphone android Menjalankan Emulasi PS 1 dan saya menggunakan Controller dari IPEGA untuk mempermudah memainkan game tersebut , kalau tidak menggunakan Controller pun bisa tapi ya agak ribet karena menggukan virtual controller yang touchscreen , dan kalau menggunakan STB Wajib mengunakan Controller karena ya tidak disediakan Virtual gamepad , mau pencet apa di STB :D .

STB custom ROm untuk membuat console retro gaming

Berikut adalah Contoh STB yang sudah dicustom rom dan tinggal di install saja Retro Arch nya.


Gambar diatas adalah contoh STB yang diinstall Emulator PSP diluar dari RetroArch yaitu PPSPP.

Keungulan jika kita menggunakan Smartphone ataupun STB adalah kita bisa bermain game retro dengan resolusi FULL HD 1080p, dan bisa menembus 60FPS , ini tergantung dari game dan kekuatan SOC ( Prosesor ) dari perangkat yang kita gunakan.




Contoh sudah diberikan Shader game ps 1 diberi FXAA jadi lumayan ga pecah pecah ya walaupun terkadang ada missing texture , atau glitch jadi ada yang tidak sesuai , tapi tidak menggangu gameplay dari game .


Dan jika menggunakan Smartphone android dan STB ini , kita bisa menggunakan Shader dan filtering yang disediakan oleh emulator nya , jadi untuk bermain game nintendo kalau zaman dahulu itu gambarnya pecah pecah , nah kalo di perangkat yang kita buat ini bisa kita tambahkan filtering dan shader untuk membuat gambar yang di keluarkan dari Game Retro Jadul nan merindukan ini menjadi sangat smooth dan nikmat di pandang mata walaupun menggunakan TV ber ukuran besar.

Perhitungan Budget

ya ini dia perhitungan budget untuk membuat Console Retro Gaming

Opsi Pertama menggunakan Smartphone 
- Smartphone android yang sudah tidak terpakai Rp. Gratis
- wireless Controller Rp.100.000- Rp.1.000.000 ( kurang lebih 800rb kalau mau pake controller Xbox One)

Total yang dikeluarkan tergantung dari mahalnya controller yang mau kita pakai.

Opsi Kedua masih menggunakan Smartphone
- Smartphone yang kita pakai untuk sehari hari
- wireless controller , Rp. Harga sama seperti diatas.

Opsi ketiga menggunakan Smart TV Box Android
- Smart Tv Box  Rp.100.000 - 250.000 ( Bekas Indihome) yang di jual di marketplace
- Wired Controller , Stik kabel Usb Rp.50.000 - Rp.200.000

jadi untuk membuat Retro Console Gaming dengan Budget Minimalis , kita hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih Rp.200.000 saja kita sudah bisa mengobati rasa rindu main game jadul (retro), ya itupun bisa lebih murah kalau kita bisa memanfaatkan kira kira apa saja perangkat yang bisa kita gunakan untuk membuat console tersebut.

Selamat Mencoba , Terimkasih Sudah Mampirdulu.





1 komentar: