Senin, 15 Februari 2021

Memperbaiki PS 3 YLOD PS3 Yellow Of dead

Ps3 merupakan console keluaran dari sony dimana ps3 adalah console gaming dengan kemampuan bisa menjalankan game dengan kualitas high definition (HD), PS3 sendiri banyak digemari berbagai macam kalangan di Indonesia. 

Dan perlu diketahui yang namanya barang elektronik pasti ada kendala yang muncul , contoh diantaranya untuk PS 3 sendiri adalah Yellow of death atau YLOD, yaitu dimana mesin ps3 ini tidak mau menyala saat di hidupkan , hanya ada post code beep 3 kali led berwarna hijau lalu kuning lalu led merah berkedap kedip.

Hal ini dikarenakan PS 3 yang terlalu panas sehingga mengakibatkan koneksi antara GPU atau CPU pada PS3 ini menjadi terganggu sehingga menyebabkan YLOD, banyak solusi diantaranya adalah menggunakan hair dryer untuk menyembuhkan YLOD ini.

Tapi jika hair dryer belum mampu untuk membangkitkan PS3 mungkin metode ini bisa dipakai

Langkah langkahnya :

1. Buka ps3 lepaskan hardisk dan buka casing secara hati hati

2. Lepas kan power supply dan blueray driver , pastikan konektor flexible nya di lepas secara hati hati supaya tidak rusak.

3.lepaskan plat pelindung mainboard ps3 dan lepaskan pula heatsink yg menenpel pada board bagian bawah

4.bersihkan sisa thermal paste (pasta prosesor) yang menempel pada plat heatsink

5.bersihkan kipas kipasnya dari debu yang menempel

6. Panaskan reheat, reballing lebih baik, RSX (gpu) ps 3 dengan menggunakan peralatan yang sesuai.
7. Setelah di panaskan pastikan thermal paste nya di ganti baru supaya pembuangan panas chipset ke heatsink sempurna sehingga menggurangi resiko Ylod kembali

Untuk hal ini saya menggunakan heat blower (solder uap) hal ini dilakukan untuk melehkan kembali timah yg menempel dibawah GPU supaya menempel kembali di mainboard secara benar.

Biasanya proses ini dapat menghidupkan kembali PS3 yang terkena YLOD dapat hidup kembali.

Jika masih terkena YLOD dengan metode diatas , bawalah ps3 anda ke tempat service PS3 langganan anda, selamat mencoba terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar