Jumat, 12 Februari 2021

Review HT Xiaomi Mijia talkie 2 Handie talkie xiaomi



Xiaomi bikin Handy talkie (HT) apa bagus?, memang xiaomi merupakan brand yang dikenal menciptakan barang barang bagus dan harga miring , lalu apakah HT nya bagus juga?, mari kita review.

Xiaomi Mijiatalkie 2 adalah HT dual band dari xiaomi , HT ini bermain di frekuensi VHF dan UHF 144-146 MHZ dan 446-448Mhz, dengan power output 5watt HT ini mampu bersaing dengan ht ini sama seperti ht ht yang beredar di Indonesia, eits tapi kok range frekuensi nya sempit? tenang Mijia talkie 2 ini bisa di unlock supaya bisa main di 128mhz sampai dengan 176 mhz untuk VHF dan uhf bisa di 400-520 Mhz, nanti akan saya buatkan tutorial unlock si mijia talkie 2 ini.

Secara desain HT ini memiliki desain yang kecil dan mantap di gengam , tampilan fisiknya secara tidak langsung mirip dengan mp3 player pada zaman dahulu.


Mijia Talkie 2 ini memiliki baterai yang lumayan besar 5000mah yang mampu bertahan 3 hari tanpa off jika di gunakan pada frekuensi saya yang aktif.

Didalam box paket penjualan HT ini hanya diberikan unit HT beserta antena bawaan,1 unit beltclip dan 1kabel usb tipe C beserta dengan kitab kitab yang berbahasa tiongkok kita tidak diberikan charger bawaan. 

Keungulan

Keungulan HT ini adalah bentuk yang ringkas dan performanya yang tidak malu maluin serta di lengkapi dengan koneksifitas bluetooth jadi kita bisa menggunakan bluetooth earphone TWS untuk mendengarkan radio dan sebagai mic untuk berbicara ,lalu Suara speaker nya bagus tidak cempreng dan tampilan user interface yang sangat sederhana, HT ini memiliki Port USB Tipe C yang mampu mengchare HT ini secara cepat dengan fastcharging 33watt xiaomi bawaan poco x3 cukup sejam sudah penuh.


Untuk memprogram HT ini kita dapat memasukan dan mensetting frekuensi dengan handphone , kita hanya perlu mengkonekan HT ini kepada smartphone android atau iOs dengan menggunakan Aplikasi Mi PTT, kita dapat dengan mudah menggunakan ht ini jika ingin merubah frekuensi jadi tidak perlu komputer untuk program.

Pancaran Radio HT ini 5 Watt sudah dicoba dengan power meter hasilnya pun kadang lebih dari 5 watt tergantung dengan kita bermain di frekuensi berapa, fitur HT standard seperti tone dan bisa duplex untuk repeater tersedia di HT ini, jadi untuk penggunaan dengan RPU tenang HT ini mampu menghandle kebutuhan tersebut.

HT ini pun dilengkapi dengan GPS ya jadi kita bisa melihat lokasi kordinat kita di HT ini , dan jika menggunakan MI PTT kita bisa tahu sesama mijia talkie jika share lokasi dimana teman kita berada.




Mijiatalkie 2 ini juga memiliki sertifikasi IP65 sudah ditest dibawa hujan hujanan HT ini aman tidak rusak dan masih bisa berfungsi dengan baik.

Kekurangan

Setiap Produk pasti memiliki kekurangan , menurut saya kekurangan produk ini adalah ribet nya kalau tidak di unlock frekuensi yang bisa di setting sangat sempit , kita harus unlock mijia talkie 2 ini dengan menggunakan custom firmware , agar bisa bebas main di frekuensi yang kita inginkan, untuk proses unlocknya gampang gampang susah.

HT Xiaomi Mijia Talkie 2 ini juga hanya menyediakan 20 memori custom chanell , sangat sedikit sekali jika kita suka memiliki list frekuensi radio di HT .

Performa antena bawaan nya pun kurang baik , mungkin karena di desain untuk frekuensi yang sudah di lock dari pabrik jadi jika kita unlock ht ini , dan masih menggunakan antena bawaan wah kacau suara penerimaan dan pancaran jadi kurang baik , tapi kita bisa menggunakan antena dualband contohnya seperti saya menggunakan antena bawaan dual band dari baofeng dan hasilnya pancaran dan penerimaan jos gandos.

HT ini tidak ada settingan STE seperti di HT baofeng atau HT cina lain nya, jadi kalau RPU tempat kita jeda suara signal repeater terlalu cepat di HT Xiaomi Mijia Talkie 2 ini tidak terdengar jadi kesan nya kita seperti tidak dapat feedback dari repeater, di RPU saya menggunakan Signal MDC1200 dan di HT Xiaomi Mijia Talkie 2 ini tidak ada suara khas MDC1200 saat setelah menekan tombol PTT.

Kesimpulan



Dengan Harga mulai dari 1 jutaan dimarket place di Indonesia, HT dual band Xiaomi Mijia Talkie 2 ini menurut saya layak untuk di pinang jika anda mau ribet sedikit untuk custom firmware, dan mau membeli antena dual band SMA Female lagi, karena antena bawaan nya jika unlock tidak match sama sekali, dan jika anda ingin HT yang simpe dan tidak terlihat seperti HT pada umumnya , serta suara yang bagus tidak cempreng , memiliki USB Tipe C untuk mengecas HT tidak perlu desktop charger dan bisa pake powerbank , saya rasa HT Xiaomi Mijia Talkie ini layak untuk ada miliki, tidak apa apa repot sedikit yang penting HT nya Xiaomi untuk anda MI Fans sejati silahkan di pinang.

6 komentar:

  1. Tutorial unlock nya gan tak tunggu

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara unlock nya
    Bisa ajari saya
    No wa saya 085261527005

    BalasHapus
  3. Bg minta tutorialnya unloc dnk buat HT xioami mijia 2 versi 1.0.5 bg biar bisa main d frekuensi luas

    BalasHapus
  4. Tolong ajari cara unclock nya dong

    BalasHapus
  5. apakah ada service center yang bisa perbaikan

    BalasHapus