Kamis, 14 Januari 2021

Begini Rasanya Naik Bus Double Decker Transjawa Harapan jaya

 

PO Harapan Jaya Scania Double Decker Jakarta Blitar

Bus adalah suatu moda transportasi darat yang banyak di gunakan oleh masyarakat untuk berpergian, ada banyak PO yang menyediakan armada bus bus terbaik , dan salah satu yang memang menjadi favorit untuk bepergian adalah bus double decker atau biasa disebut bus tingkat, bus tingkat ini menjadi favorit masyarakat karena kenyamanan nya dan harga tiket nya pun masih terjangkau , lalu bagaimana kah rasanya naik bus double deker ini dari Jakarta Menuju Jawa Timur ? begini ceritanya.

PO dan BUS

Kali ini saya mencoba PO Harapan Jaya dengan jurusan Jakarta Blitar mengingat pool ini dekat dengan rumah jadi saya putuskan untuk naik PO Harapan Jaya, dengan Bus Scania K410 6x2 double decker dengan transmisi Opticruise, dan karoseri dari Adiputro.


Dari luar bus ini terlihat keren karena bus tingkat dan logo scania di depan nya membuat makin penasaran apakah bus ini dalem nya se keren tampilan luarnya.


Tempat duduk , Interior , dan fasilitas dalam bus



Untuk Interior Bus ini memiliki konfigurasi 2 sleeper seat di bawah , dan konfigurasi 2+2 untuk bawah serta 1+2 seat untuk deck diatas, saya tidak tahu nama interiornya mungkin anak bus mania tau nama interiornya ini apa ? di kursi yang saya duduki di lantai 2 di baris sebelah kiri ada jok single seat dimana hanya sendiri saja dan jok ini sangat nyaman untuk di duduki.


Masing Masing Seat / Kursi penumpang memiliki masing masing Port usb dan colokan EU Plug atau colokan yang biasa ada dirumah kita, dan ini bisa dipakai untuk mengecas gadget yang kita bawa, dan ada juga meja yang terlipat bisa untuk menaruh laptop di hadapan kita , jadi bisa kerja ataupun menikmati hiburan dari gadget kita tanpa takut kehabisan daya baterai.

Di dalam bus Double Decker ini terdapat toilet yang kita bisa buang air kecil di dalam jadi tidak perlu khawatir untuk kita yang sering mondar mandir ke toilet di dalam bus ini tersedia jadi sepanjang perjalanan , dan tersedia juga smoking room di lantai dua paling belakang dimana menjadi tempat favorit para perokok sepanjang perjalanan.


Di smoking room ini juga terdapat kursi pijatnya yang kita bisa pakai , kapasitas smoking room nya hanya cukup untuk 2 orang saja.


Rasa di dalam bus dan lama perjalanan bus

Rasanya bagaimana naik bus double decker / bus tingkat dengan chasis scania k410? rasanya ....... jujur aja untuk saya yang jarang naik bus seperti ini rasanya wah seperti di rumah sendiri dan tidak kapok jika disuruh memilih untuk naik bus lagi , kekedapan nya lumayan baik kursinya nyaman bisa rebahan, dan bantigan suspensinya pun empuk sekali tidak terasa seperti naik bus, perpindahan giginya pun tidak terasa sangat halus, bus nya melaju dan kita sebagai penumpang tidak merasakan ada nya goyangan berarti saat bus ini bergerak sangat nyaman, dan suara yang terdengar saat malam sepi itu hanya siulan turbo yang terasa diatas saat bus berjalan tapi tidak mengganggu sama sekali dan kita masih bisa tertidur dengan pulas, cuma yang menggangu saat diluar tol karena bus ini tinggi jadi saat menabrak pohon ada suara menggangu dari pohon yang menabrak kabin bus.





Untuk kecepatan Bus melaju di tol konstant 80 Km/jam , supirnya pun santai dan tidak ugal ugalan good job harapan jaya supirnya bikin penumpang tenang dan nyaman. Perjalanan dari Jakarta ke Blitar kurang lebih memakan waktu 15 Jam saja.


Harga Tiket 

Perjalanan Jakarta Blitar dibanderol dangan harga Rp.400.000 untuk yang diatas dan untuk sleeper class Rp.500.000.- selama perjalanan kita mendapatkan service makan dua kali untuk dari arah Jakarta ke Jawa Timur dan jika dari Jawa Timur ke Jakarta hanya dapat sekali service makan + dapat snack box.
di perjalanan kita mendapatkan gelas yang berisi teh dan kopi beserta tisue 1 pack dan 1 buah botol air mineral 600ml.

Kesimpulan nya

Dengan harga tiket Rp.400.000.- bus yang nyaman serta service makan, perjalanan Bus transjawa dari PO Harapan Jaya ini terasa sangat menyenangkan , selama 15 jam kurang lebih perjalanan kita tidak merasa lelah dan jenuh karena disediakan fasilitas yang cukup untuk menemani perjalanan, jadi untuk kamu yang sedang ingin berpergian dengan bus ke Jawa Timur dan belum pernah naik bus, kamu mencoba bus double decker ini , selamat mencoba ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar