Jumat, 29 Maret 2019

cara mengatasi laptop lemot

cara mengatasi laptop lemot , kita pasti kesel kalau laptop yang kita gunakan itu lambat mau buka ini itu lambat sekali dan kadang malah nge hang , apalagi kalau sedang lagi ada kerjaan urgent bisa bikin bete sepanjang hari.

hardisk tua kadang sudah tidak bagus putaran nya

Banyak faktor yang menyebabkan laptop kita lemot , bisa dari software maupun hardware , kali ini saya akan membahas masalah lemot karena hardware.

Pertama tama kita harus mengetahui speksifikasi laptop kita , mulai dari ram prosesor kapasitas hardisk dan lain sebagainya , faktor yang mempengaruhi laptop kita lemot biasanya untuk laptop yang ber usia lebih dari 3 tahun ada di hardisk dan prosesor , prosesor panas dapat menyebabkan laptop kita panas dan dapat membuat hang laptop kita .


Solusi untuk laptop ber umur yang sering mengalami kendala Overheat ini biasanya dengan cara di bersihkan saluran pembuangan panas nya , dan di ganti pasta prosesor nya ( thermal paste ) serta di cek kipas nya apakah masih bekerja atau tidak, ganti jika rusak dan bersihkan dari debu debu yang menempel.

Solusi kedua adalah RAM belakangan ini banyak aplikasi yang memakan ram sangat banyak , untuk kita browsing di internet saja untuk sekarang RAM 2 GB sangat kurang dan tidak bisa diandalkan, ada baiknya jika kita ingin browsing internet RAM laptop yang 2 GB ini kita upgrade ke 4GB atau ke 8 GB tergantung slot ram yang tersedia.

cara mengatasi laptop lemot ram ganti dengan yang lebih besar

Yang ketiga adalah Hardisk , ya piranti ini fungsinya adalah menyimpan data data kita hardisk ini kadang yang jadi masalah untuk lemot nya laptop, apalagi yang sudah berumur sudah tidak prima lagi dari segi putaran hardisknya dan terdengar bunyi bunyi aneh . coba deh kalau laptop nya lemot di dengerin temepelin telinga kita di laptop , kalo lemot dan ada bunyi aneh itu pertanda hardisknya sudah tidak normal , harus segera di ganti dan untuk mengganti nya saya menyarankan memasang SSD (solid state disk ) dengan memasang piranti ini akan mendongkrang waktu booting laptop kita dan mempercepat membuka aplikasi serta membuat copy file lebih cepat.
ssd vgen 120gb

Nah dengan memperhatikan hal diatas dijamin kita bisa mengatasi lemot pada laptop kita , jika ada dana berlebih boleh beli laptop baru tapi pilih yang sudah menggunakan SSD ya, sekarang harga SSD sudah lebih terjangkau , jika laptop anda rusak hardisk nya disarankan untuk mengganti dengan SSD supaya lemot di laptop anda menghilang, dan jangan lupa selalu backup data penting anda di cloud ,semoga tulisan ini bermanfaat , terima kasih sudah membaca. 

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus