Kamis, 25 April 2019

Cara Membeli Saham Untuk Pemula


Cara Membeli Saham Untuk Orang Awam , Saham adalah salah satu instrument investasi yang dimana kita dapat membeli nya di pasar saham ( Bursa Efek) , untuk orang awam seperti saya , saya akan berbagi pengalaman tentang cara membeli saham di bursa efek melalui aplikasi.

Pertama tama yang kita lakukan sebelum membeli saham yaitu kita harus membuat akun di sekuritas dan membuat rekeningnya di bank yang di sesuaikan dengan sekuritasnya , saya menggunakan Sekuritas RHB , dan Bank yang digunakan adalah Bank BCA , setelah itu kita nanti akan mendapatkan akun untuk Membeli / Menjual Saham.

Setelah kita mendaftar akun di sekuritas yang kita inginkan kita bisa deposit dengan cara mentransfer dana ke rekening dana nasabah ( bank bca yang saya gunakan) kita bisa transfer sesuka kita bisa 20ribu 50ribu 100ribu bahkan 10 juta .

Nah setelah deposit apa lagi yang kita lakukan , setelah itu kita buka aplikasi nya kita cek akun portofolio kita , apakah dana nya sudah sesuai dengan yang kita transfer ke rekening RDN , kalau saya mengguakan RHB untuk deposit dan withdraw tidak kena charge kalau sesama BCA.

Setelah kita buka , kita harus mencari saham apa yang ingin kita beli dengan uang yang kita punya misal 1 juta rupiah dan harga saham 100 , kita dapat membeli 100 lot , 1 lot nya itu harga nya 10rb rupiah , jadi kita dapat membeli 100 LOT , 1 lot = 100 lembar saham . 


Contoh seperti ini jika saya punya uang 1 juta 10 ribu rupiah maka saya dapat membeli 25 lot saham Elnusa di harga 404 per satu saham nya. jadi kita kalikan 404 x 2500 = 1.010.000 rupiah . seperti itu kurang lebih nya , ada banyak saham yang dapat kita beli dan harganya pun bervariatif , dan gimana caranya kita untung dapat untung dari beli saham ini ?.

Ya pasti kita mau untung dong kalau investasi , ya gampang saja untuk orang awam seperti saya ya jika saya beli saham elsa di harga 404 pada hari ini 25 April 2019 sebanyak 25 Lot , dan nanti sore sudah naik jadi 405 , tandanya sudah dapat untung hehehehhe.

Tapi perlu diingat untuk bermain saham ini di perlukan kesabaran serta manajemen keuangan yang baik tips dari saya , jangan gunakan uang pokok untuk deposit , tapi angarkan saja misal 100 rb per minggu , kalau saya untuk mengurangi rokok ya dalam seminggu, uang rokok saya depositkan untuk membeli saham . dan ingat jangan nafsu juga karena harga saham ini sangat rentan naik turun dalam waktu yang cepat. 

Ambil lah keputusan yang bijak sebelum ikut membeli saham , perhatikan dulu baik dan buruknya , jangan pikir hanya untung saja tapi kita harus memikirkan ruginya kita , banyak analisis metode untuk membeli saham mana yang pas kapan beli dan jual , tapi itu teknis sedangkan saya orang awam jadi saya tidak terlalu mengerti teknis yang sangat rumit itu hehehhe, tapi saya sudah merasakan profit di tahun 2018 kemarin .

Intinya jika anda ingin mencoba ya silahkan daftar ke sekuritas yang anda inginkan , anda juga bisa ikut RHB seperti saya tinggal kontak saja website nya , atau anda bisa ke Bank kesayangan anda dan bisa anda tanyakan gimana caranya masuk sekuritas .

Perlu di ingat tulisan ini adalah Pengamalan PRIBADI SAYA SEBAGAI PEMULA  . jadi jika ada salah salah mohon maaf , dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca , terima kasih salam OPIT. 

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus